Badung – Gubernur Bali periode 2018-2023, Wayan Koster dengan julukannya sebagai “Bapak Pejuang Arak Bali” berkomitmen mendorong Arak Bali jadi minuman berkelas yang bersaing di tingkat global.

Hal tersebut disampaikan Wayan Koster saat menghadiri “Festival Fermentasi Nusantara Pertama di Indonesia,’ Bittersweet Festival 2024” di ITDC (Indonesia Tourism Development Coporation) Nusa Dua, Rabu (6/3/24). Menurutnya Arak Bali kini diminati banyak orang, termasuk wisatawan asing.

“Tentu saja ke depan yang saya lakukan adalah mempertahankan kualitas produk, meningkatkan kemasan produk, memperluas akses pemasaran di tingkat nasional maupun internasional supaya arak ini bisa bersaing dengan minuman di Korea yaitu Soju, Sake di Jepang dan Whiskey di Eropa,” ungkap Wayan Koster saat diwawancarai awak media.

Baca Juga  Sopir Penyelundup 19 Penyu Hijau Jadi Tersangka

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Bali periode 2018-2023 itu menyampaikan bahwa minuman arak harus mulai diperkenalkan kepada masyarakat global. Dirinya menyebut bahwa sewaktu masih menjabat sebagai Gubernur selalu mempromosikan Arak Bali.

“Saya juga tanya ke para tamu yang mencoba minum arak, itu rata-rata menyampaikan bahwa minuman arak ini memang betul-betul berkualitas, tidak kalah dengan Sake di Jepang, Soju di Korea, dan Whiskey di Eropa,” tandasnya.

Koster pun mengungkapkan bahwa tamu-tamu yang diterimanya, selalu memberikan kesan yang luar biasa setelah mencoba minum arak.

“Jadi setiap saya menerima tamu asing, waktu saya menjabat sebagai Gubernur itu selalu saya jamu dengan arak. Kemudian souvenir (cendera mata, red) untuk tamu biasanya saya kasih arak,” pungkas Koster.

Baca Juga  Pihak Rutan Negara Sebut Winasa tak Langsung Bebas

Reporter: Yulius N

Editor: Gung Krisna