Jembrana – Menjelang World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, tanggal 18-25 Mei 2024, pengamanan di Pulau Bali pun semakin ditingkatkan. Termasuk di pintu masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, sejumlah aparat keamanan disiagakan di pos pintu masuk Bali.

Guna memastikan pelaksanaan pengamanan pintu masuk Bali, Kapolres Jembrana, AKBP Endang Tri Purwanto, memimpin giat pengecekan pelaksanaan pengamanan Operasi Puri Agung 2024 di pintu masuk Bali, Pelabuhan Gilimanuk, pada Kamis (16/5/24).

Dalam inspeksi tersebut, Kapolres Jembrana memberikan arahan kepada seluruh anggota untuk meningkatkan intensitas pemeriksaan terhadap orang, barang, dan kendaraan yang masuk ke Bali. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan metal detector, cermin bawah kendaraan (mirror), serta dukungan dari anjing pelacak K9 Dit Samapta Polda Bali dan kamera face recognition dari Inafis Mabes Polri.

Baca Juga  Dilema "Tajen" Bali, Judi atau Tradisi?

“Kemudian ada kamera face recognition di dua lokasi yang sudah terkoneksi dengan DPO yang ada di Mabes Polri serta DPO Polda, sehingga bisa dilakukan identifikasi dan upaya paksa jika ditemukan DPO (Daftar Pencarian Orang-red),” terang Endang.

Kapolres selaku koordinator pengamanan Pelabuhan Gilimanuk memastikan personel yang ter-sprint pengamanan WWF sejumlah 16 org lainnya siap untuk mengamankan pintu masuk Bali.

“Selain itu Polres Jembrana dan jajarannya juga melakukan beberapa kegiatan rutin yang ditingkatkan berupa sosialisasi terkait kegiatan WWF ke 10, penjagaan objek vital nasional dan pengecekan penduduk pendatang,” imbuhnya.

Selain pintu masuk, objek vital nasional seperti jaringan kabel bawah laut juga mendapat atensi khusus dari Mabes Polri. Melalui Dirbinpotmas Korbimas Baharkam Mabes Polri, Brigjen Pol Edy Murbowo, bersama PLN dan Kapolres Jembrana melakukan pengecekan terhadap kabel bawah laut yang ada di pesisir Pantai Gilimanuk sebagai bagian dari persiapan keamanan WWF.

Baca Juga  TNI Pastikan Pemilu 2024 di Bali Aman dan Damai

“Dirbinpotmas korbinmas Baharkam Polri bersama PLN mengecek cable head di Gilimanuk dalam rangka antisipasi sabotase pelaksanaan WWF ke 10 thn 2024,” tutup AKBP Endang.

Reporter: Dika
Editor: Ngurah Dibia