Denpasar – Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati I Wayan Suyasa dan I Wayan Disel Astawa mengusung pengelolaan sampah sebagai program prioritas. Hal itu dianggap penting lantaran kabupaten Badung merupakan destinasi wisata favorit di Bali yang harus bersih.

Bacalon Wabup Badung, Disel Astawa mengatakan, dirinya bersama Wayan Suyasa telah berkomitmen untuk mengusung pengelolaan sebagai program prioritas.

“Jadi sampah menjadi (program-red) prioritas utama. Karena bagaimana pun di dunia pariwisata kalau kita tidak imbangi dengan pengelolaan sampah yang tepat, dengan keuangan yang cukup? Saya kira harus ada keberanian memfokuskan dulu itu,” tegas Disel Astawa kepada wartawan saat ditemui di kantor DPRD Provinsi Bali, Senin (24/6/24).

Baca Juga  Sebut Ogah Lawan Kader Import, Siapakah Sosok Dimaksud WS?

Ketua DPC Gerindra Badung itu kemudian menyampaikan, untuk pengelolaan sampah tidak bisa mengharapkan pihak ketiga, sebab prosesnya akan akan.

“Lebih baik uang yang ada kita studi banding di luar negeri untuk bidang pengelolaan sampah yang tepat, setelah itu langsung kita terapkan di Badung,” ujarnya

Lebih lanjut, kata dia, pengelolaan sampah di Badung akan dieksekusi masing-masing desa. Desa-desa itu akan mendapatkan dan khusus untuk pengelolaan sampah.

“Masing-masing desa itu nanti kita anggarkan apakah 2 M atau 2,5 M. Sehingga tidak lagi mengambil atau membebani dana desa yang diberikan setiap tahun itu. Jadi kita berikan dana kepada desa 2,5 atau berapa secukupnya untuk membuat tempat sampah yang bagus sekaligus pengelolaan,” jelasnya

Baca Juga  Wayan Suyasa Tegaskan Siap Maju Pilkada Badung

Selain itu, untuk diketahui pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati I Wayan Suyasa dan I Wayan Disel Astawa juga mengusung program layanan kesehatan gratis, pendidikan negeri dan swasta dari tingkat SD-SMA secara gratis dan program 1 M per banjar adat.

Reporter: Yulius N