Denpasar – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan (Agung Lidartawan) mengingatkan kepada KPU di Kabupaten/Kota se-Bali agar berhati-hati, memastikan netralitas setiap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas di lapangan.

Saat disinggung mengenai adanya potensi kecurangan Pemilu disejumlah wilayah, kepada wartawan Lidartawan meminta para peserta Pemilu 2024 untuk bersama-sama mengawal setiap proses yang berlangsung, agar tidak segan-segan melapor jika melihat indikasi adanya kecurangan.

“Kita (KPU Bali, red) pastikan kesiapan jelang pelaksanaan Pemilu di semua daerah. Terkait potensi semua itu bisa saja terjadi, kalau ada kecurangan di Bali ini laporkan saja. Selama ini sih belum ada, setelah pleno baru biasanya ada. Saya ingatkan lagi untuk rekan-rekan di Kabupaten dan Kota, jangan macam-macam (hati-hati, red), agar masyarakat percaya, penyelenggara Pemilu di Bali ga ada yang aneh-aneh,” ungkap Agung Lidartawan, dikutip Minggu (11/2/24).

Baca Juga  PJ Gubernur Bali Akui "Deg-Degan" Coblos Pertama Kali

Pihaknya juga menegaskan, kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak takut melapor apabila menemukan kejanggalan terhadap setiap proses Pemilu di Kabupaten/Kota se-Bali, siap memberhentikan secara tidak hormat oknum-oknum di internal KPU yang berusaha menciderai proses demokrasi di Bali.

“Kita percaya hukum karma. Tapi kalau memang ada (Kecurangan, red) saya akan tindak langsung. Ga pake tunggu besok lagi, saat itu juga kita berhentikan. Kewenangan semua ada di kami (KPU, red). Kalau di Kabupaten dan Kota ada yang begitu, segera laporkan kami di Provinsi,” tegas Lidartawan.

Reporter: Gung Krisna

Editor: Ngurah Dibia