Denpasar – Kepolisian Daerah (Polda) Bali siapkan 3507 personil untuk melakukan pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai selama Mudik menjelang Lebaran 2024.

“Pengamanan dari Polda Bali ada 2.005, terdiri dari 450 dari Polda dan 1.555 dari Polres jajaran,” kata Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Soelistyono di Lapangan Niti Mandala Renon usai menggelar Apel Gelar Pasukan Ketupat Agung 2024, Rabu (3/4/2024).

Selain personel kepolisian, ada 1.502 petugas dari berbagai instansi lainnya yang ikut dalam pengamanan dan pelayanan di pos-pos arus mudik Lebaran 2024.

Sementara itu, untuk Bandara Ngurah Rai diatensi karena melihat pengalaman sebelumnya yang penuh sesak.

Baca Juga  Mangku Pastika: Sang Made Mahendra Perlu Belajar Dulu

“Kita sudah melakukan rapat dengan Otoritas Bandara (Otban) guna melakukan berbagai langkah mitigasi kepadatan penumpang di bandara. Jadi kalau seandainya ada kepadatan di dalam bandara, itu ada mitigasi,” jelasnya

“Mitigasi yang dilakukan nantinya berupa dibukanya VIP 2. Halte di seberang bandara juga turut dibuka untuk mengantisipasi kepadatan. Itu untuk mengantisipasi kepadatan di bandara,” tambahnya

Kemudian untuk Pelabuhan Gilimanuk juga dilakukan berbagai langkah mitigasi. Salah satunya dengan melakukan pemecahan terhadap kendaraan.

“Jadi ada langkah-langkah seperti tempat terminal Cargo itu dibagi beberapa gang, gang 1 sampai 4 itu diperuntukkan untuk roda dua dan roda empat. Untuk kendaraan besar itu tetap di jalur utama,” pungkasnya.

Baca Juga  Korban PT DOK Minta Polisi segera Tahan 5 Tersangka Baru

Reporter: Yulius N