Surabaya – Indonesia kembali menjadi tuan rumah ASEAN University Games (AUG) yang diselenggarakan di Surabaya dan Malang, Jawa Timur dari tanggal 25 Juni hingga 6 Juli 2024.

Sekretaris Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Suharti menyebutkan, hal ini merupakan momentum bersejarah bagi Indonesia.

“Karena Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah untuk kali kelima dalam sejarah AUG,” ujarnya.

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud, pihaknya mengatakan dalam AUG kali ini ditugaskan dalam
Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Kemendikbud Ristek ditugaskan oleh negara untuk membina atlet-atlet mulai dari siswa hingga mahasiswa sehingga dapat menghasilkan atlet-atlet internasional, salah satunya melalui acara baik tingkat nasional hingga internasional,” ujarnya.

Baca Juga  Kemendikbud Resmi Surati PTN dan PTN-BH Terkait Pembatalan Kenaikan UKT

Selain itu, sambungnya, melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) berupaya melakukan penguatan pembinaan prestasi kepada siswa dan mahasiswa.

“Berbagai beasiswa baik itu gelar, maupun non gelar kami sediakan bagi para siswa dan mahasiswa yang berprestasi,” tutur Suharti.

Untuk diketahui, ASEAN University Games (AUG) adalah ajang olahraga yang diselenggarakan dua tahun sekali antar universitas di negara-negara ASEAN.

Reporter: Komang Ari