Denpasar – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menyebutkan, anggota The Inter-Parliamentary Union (IPU) atau organisasi internasional untuk parlemen di dunia akan kunjungi Bali saat pemilu mendatang.

Pihaknya menuturkan, kunjungan organisasi internasional ini akan menyasar tiga buah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bali.

“Mereka akan hadir dari sekitar 30-an negara. Masing-masing empat orang. Terakhir yang saya lihat sudah 15 negara yang mendaftar,” katanya di Denpasar, Sabtu (10/2/24).

Lebih lanjut Lidartawan menyebutkan, dirinya diminta untuk menyediakan TPS yang terletak di daerah pedesaan. Sehingga, dipilihlah desa Penglipuran yang sebelumnya telah tersohor menjadi desa terbersih di dunia.

“Saya kasih yang di Penglipuran, desa terbesih. Mereka ingin melihat yang unik-unik di Bali. Salah satu yang saya paparkan adalah bagaimana menghadirkan pemilih dengan Kulkul, bagaimana kita berdemokrasi dengan pakaian adat kita dan bagaimana perempuan juga akan didorong,” sambungnya.

Baca Juga  Prabowo "Melali" di Bali, Serius Kaji Pembangunan Bandara Buleleng

Terakhir ia menambahkan, dua TPS lainnya yang akan dikunjungi berlokasi di kawasan Kabupaten Badung.

Reporter: Komang Ari