Denpasar – Pencarian hari kedua terhadap Kapal Ikan Lintas Samudra yang mengalami patah as baling-baling di utara Perairan Buleleng akhirnya ditemukan pada, Minggu (7/724).

Untuk diketahui, kapal ikan dengan rute Sapeken-Banyuwangi tersebut membawa 7 POB. Namun, kurang lebih pukul 10.30 Wita kapal tersebut alami patah ss baling-baling pada, Sabtu (6/7/24).

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, I Nyoman Sidakarya pada, Minggu (7/7/24), mengatakan pihaknya menerima informasi dari Kades Tanjung Kiok, bahwa ada kapal yang mengalami patah as baling-baling saat melaut di perairan Buleleng, Bali.

“Kami kemarin siang memperoleh informasi adanya kapal patah as baling-baling saat melaut dari Kades Tanjung Kiok, di mana ia sempat dihubungi oleh kapten kapal,” ungkapnya.

Baca Juga  Tanpa Identitas Diri, 9 Orang Anak Jalanan Diamankan Satpol PP

Kemudian, tambah dia, kejadian tersebut terjadi kurang lebih pukul 10.30 Wita. Pada saat itu, Kantor Basarnas langsung mengerahkan tim ke TKP.

“Namun upaya pencarian kemarin tidak memberikan hasil,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam proses pencarian hari kedua, Sekitar 2 jam berselang, KM Lintas Samudera berhasil ditemukan di posisi koordinat 07˚53’54.86” S 114˚54’37.67” E ± 17.8 NM, heading 10° dari Pelabuhan Celukan Bawang.

“Semua POB selamat, 2 orang dievakuasi menuju RIB, selanjutnya kapal ditarik oleh KM Kumbang Kurma menuju Banyuwangi,” jelas Sidakarya.

Ia mengatakan, pada Pukul 11.00 Wita kapal tersebut sandar di Pelabuhan Celukan Bawang, dan 2 orang POB atas nama Ahmad Ramli (44) dan Akias Izakhalul Fikri (9) dijemput oleh pihak keluarga.

Baca Juga  Prof Ngakan Putu Gede Suardana Dilantik sebagai Rektor Unud

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Buleleng, Kadek Donny Indrawan mengungkapkan bahwa, kapal ikan tersebut sudah ditarik oleh kapal lainnya ketika tim sampai di lokasi.

“Kita berkoordinasi dengan Pos SAR Banyuwangi untuk memastikan keamanan dan keselamatan kapal tersebut menuju Banyuwangi,” ungkapnya.

KM Lintas Samudera dan KM Kumbang Kurma tiba di tujuan Dermaga Pantai Boom (Banyuwangi) pada pukul 16.00 Wita. Identitas POB lainnya yakni amarudin (40), Asmuni (51), Saifudin (50), dan Dahar (52) dan Mahat (51).

Reporter: Dion

Reporter: Ngurah Dibia